Senin, 03 November 2014

Review Syaamil Tabz, Tablet Berkonten Aplikasi Islami




Mendapat hadiah Syaamil Tabz, bagi saya seperti mendapat hadiah dari Tuhan supaya ke depan saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas :) . Ya, memiliki profesi penulis memang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya sumber referensi. Apalagi sejak saya memilih fokus menulis buku-buku anak Islam, keberadaan Syaamil Tabz benar-benar sangat membantu.

Misalnya, saat penggarapan naskah terbaru yang saya buat. Saya menggunakan Ebook Harun Yahya dan Ebook Tafsir Ibnu Katsir. Jadi selama pengerjaan naskah tersebut, Syaamil Tabz mesti ada dalam genggaman saya.

Apakah hanya saya yang menggunakan Syaamil Tabz di rumah? Apakah Syaamil Tabz hanya bermanfaat untuk seseorang yang berprofesi sebagai penulis? Tentu tidak. Isinya yang lengkap, justru membuat tab ini menjadi rebutan seisi rumah. Semua ingin menggunakannya. Mulai dari ibu, ayah, kakak sampai adik. Nah, biar nggak penasaran, saya coba bedah isinya ya. Mudah-mudahan dapat dimengerti karena review saya tentu bukan seperti review ahli gadget. Review saya adalah review dari pengguna yang sudah merasakan manfaat produk Syaamil Tabz.

Oke, review di mulai dari tampilan layar awal:

Di situ terlihat menu-menu dasar sebuah telepon selular seperti fungsi telepon (satu kartu gsm), pesan, kontak dan kamera. Oya, karena tab ini menggunakan system android, jadi kalau kita ingin menambah konten, kita bisa mengunduhnya melalui Play Store. Untuk itu, pertama-tama kita harus memasukkan akun Gmail kita dalam perangkat. Kalau belum punya, kita bisa membuatnya dulu.

Inilah beberapa konten yang telah saya unduh dari Play Store:

Artinya, tab ini berfungsi seperti layaknya tab-tab di kelasnya. Memiliki konten bawaan merk, konten bawaan Google seperti Gmail, Google Maps, Setelan Google, YouTube, Play Store dll. Juga kita bisa menambahkan konten lain yang kita inginkan dengan mengunduhnya melalui Playstore seperti media sosial, games, ebook, aplikasi dll.

Nah, sekarang saya ingin menjelaskan something special dari Syaamil Tabz ini. Syaamil Tabz menjadi special karena berisikan konten-konten Islami yang sangat penting dan berguna bagi kehidupan seorang muslim.

Kalau kita lihat kembali tampilan layar awal. Di layar tercantum aplikasi Syaamil Apps. Kalau kita klik aplikasi itu, maka akan keluar tampilan ini:

Sekarang kita buka tombol pertama ya. Tombol aplikasi Abata. Maka akan keluar tampilan seperti ini:
 
 Aplikasi Abata gunanya untuk membantu kita belajar membaca Al Qur’an. Ada lima tingkatan kemampuan yaitu Basic, Easy, Middle, Hard dan Pro. Kita bisa menggunakannya sesuai dengan tingkat kemampuan kita.

Untuk yang tingkat Basic, isinya kira-kira seperti gambar di bawah ini. Ada tutorialnya dan ada game edukasinya.
 Sekarang kita beralih ke aplikasi di samping Abata, yaitu It’s My World Books.
 Aplikasi ini isinya terdiri dari 15 ebook edukasi untuk anak berbahasa Inggris. Setiap bukunya berisi gambar-gambar penuh warna dengan teks bahasa Inggris sederhana.

Selanjutnya tombol aplikasi Miracle The Practice.
 Miracle The Practice ini merupakan panduan membaca, mentadabburi dan mengamalkan Al Qur’an.

Tampilan daftar isi Miracle The Practice:

Kita tinggal menyentuh nama surah yang ingin kita baca. Misalnya surah Al-Fatihah.

Kita juga bisa menyalakan sound dari setiap ayat hanya dengan menghidupkan fungsi sound dan menyentuh setiap ayat yang ingin kita dengar.
 Kalau kita ingin tahu terjemahannya, kita tinggal sentuh tanda 2 panah di layar paling atas. Dan kalau kita ingin tahu tajwid, pelapalan ayat, salin ayat, share ayat dan menandai sebuah ayat, tinggal disentuh saja ayat yang bersangkutan.
 Sekarang kita bergeser ke aplikasi Muslim Kosmopolitan. Kita bisa lihat tampilan awalnya seperti ini:

Di layar nampak aplikasi Hitung Mundur Waktu Sholat,  Quotes, Jadwal Shalat dan beberapa panduan seperti: Panduan Shalat, Panduan Mengurus Jenazah, Panduan Saum, Panduan Zakat, Doa Pilihan, Doa Al Maktsurat, Doa Ruqyah, Tasbih Digital, Kalender Hijriah, Panduan Bersuci, Jadwal Shalat, Tanya Jawab, Masjid Terdekat serta Pedoman Haji.

Kalau kita bikin shortcutnya, tombol-tombolnya seperti ini:

 Kita buka beberapa ya. 
Panduan Shalat isinya seperti ini:

Ini Doa Almaktsurat, kita bisa memilih mau mendengarkan wirid pagi atau sore. 
 Jadi tidak ada alasan ya, kalau kita tidak hapal doa-doa ini. Insya Allah dengan sering mendengarkan, ke depannya kita jadi hapal doa ini.

Tasbih Digital:
 Kalender Hijriah:
 Tanya Jawab:
 Masjid Terdekat:
 Untuk Panduan Haji dan Umrah, selain kita mendapat panduan tertulis seperti kita lihat di daftar isi di bawah, kita juga bisa melihat tutorial berupa video-video perjalanan haji.

Berlanjut ke Pustaka Sains Populer Islami Books. Isinya terdiri dari 10 ebook ensiklopedia ilmu pengetahuan dari Harun Yahya.
 Ini dia beberapa contoh isi halaman ebook Harun Yahya yang saya gunakan sebagai sumber referensi saat menulis naskah kemarin. Isinya tidak ada bedanya dengan buku aslinya. Full colour:

Syaamil Kids Book ini berisi 30 ebook untuk anak berbahasa Indonesia terbitan Syaamil.
 Selanjutnya Syamil Quran Terjemah Per-Kata.


Kalau menurut saya, isi aplikasi ini sama dengan isi Al Qur’an Miracle The Reference yang tebalnya sekitar 4 cm. Super lengkap untuk sebuah Al Qur’an. Foto di atas menunjukkan Syaamil Quraan Terjemah Per Kata versi tab dan Al Qur'an Miracle The Reference versi kitab. Yuk kita tengok isinya:



Di dalamnya, ada Daftar Isi, teks qur’an per kata, Tafsir, Munasabah Ayat, Asbabun Nuzul, Khasanah Pengetahuan, Hadist Shahih, Terjemahan dan Panduan Tajwid.


Terakhir dari Syaamil Apps ini adalah Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir. Seperti ini dia isinya:



Eh, belum berhenti sampai sini! Masih ada konten lainnya yang bisa dibuka melalui layar awal, yaitu Moon+ Reader dan VPlayer.

Moon+ Reader ini berisi 27 ebook buku Islam, parenting, dan teenlit.
 Sedangkan VPlayer berisi video-video film animasi dan video-video lagu Islam.
 












Bagaimana? Isinya menarik bukan? Wajarkan kalau seisi rumah sampai rebutan? ;)
Terus terang saking banyaknya konten dalam Syaamil Tabz ini, saya keburu capek me-reviewnya #:-S . Jadi, maaf-maaf saja ya kalau kurang memuaskan. Tapi, kalau konten Syaamil Tabz-nya sih betul-betul memuaskan :*

Omong-omong Syaamil Tabz ini produk mana sih?

Menurut website Syaamil Quran, Syaamil Tabz merupakan produk dari Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) sebagai perusahaan penerbit Al Qur’an yang juga bergerak di industri kreatif.

Tab ini dibandrol dengan harga Rp 2.150.000. Namun kalau melihat isinya, nilai totalnya bisa lebih dari 10 juta, lho. Jadi memang murah banget. Udah praktis, banyak isinya, bermanfaat pula. Dan kalau mengukurnya sebagai alat yang membantu ibadah, tentu nilainya tidak terhingga. Karena pahala dari Allah swt., siapa sih yang bisa mengukurnya?

Jadi, bagi saya beruntung banget bisa memiliki Syaamil Tabz ini. Tinggal bagaimana mempertanggungjawabkan kepemilikannya di hadapan Allah. Soalnya pasti kena hisab kan ya. Jadi, jangan sampai disia-siakan dong. Insya Allah, nggak.

Eh, bagi yang ingin tahu kenapa saya mendapatkan hadiah Syaamil Tabz ini. Ceritanya di sini.

Terakhir nih ya. Saya mau jujur. Yang tadi-tadi juga jujur kok! :)) (ih, itu ketawa emoticonnya lebay ah. Padahal settinganku gak gitu deh! :( )
Udah lah ya. Terakhir, saya mau bilang, ada nggak sih kelemahan Syaamil Tabz ini?

Hmm… perlu diketahui, saya sampaikan kelemahannya mengingat begitu lengkap dan berharganya aplikasi built in islami dalam Syaamil Tabz ini. Semua aplikasi Syaamil Tabz, ditanam dalam gadget buatan China dengan kualitas body dan spesifikasi menengah. Sehingga kalau kita memaksakan menggunakan gadget ini untuk penggunaan-penggunaan selain aplikasi islaminya, saya khawatir cepat rusak. Padahal, aplikasi built in islami itulah yang sangat berharga.

Saya bisa paham. Hal ini dilakukan mungkin untuk mengejar harga terjangkau bagi semua kalangan. It’s Ok. Pada akhirnya, saya betul-betul memperlakukan gadget ini dengan hati-hati. Tidak sembarang mengunduh aplikasi yang bisa memakan memori atau membawa virus. Tidak terlalu memanfaatkan sebagai medsos, biarpun sebetulnya bisa. Semua itu saya lakukan demi merawat kelestarian semua aplikasi islami Syaamil Tabz.

Ke depannya saya berharap, ketika masyarakat sudah tahu dan merasakan manfaat Syaamil Tabz. Maka aplikasi built in islami-nya bisa ditempatkan di gadget dengan kualitas yang lebih handal. Percaya deh, beli tab ini nggak rugi. Bandingkan saja kalau kita beli Tafsir Ibnu Katsir sebanyak 30 Juz, ditambah Al Qur’an Miracle The Reference, ditambah video-video anak, ditambah buku-buku panduan ibadah, ditambah buku-buku ensiklopedia Harun yahya dan lain-lain. Sudah begitu bisa dipakai nelpon, sms, medsos, mengunduh aplikasi lain. Selain itu ada soundnya juga untuk Al Qur’an dan doa-doa. Nggak ternilai kan?

Saya kira Sygma CMC hanya perlu mensosialisasikan produk ini lebih gencar lagi ke masyarakat. Untuk masyarakat menengah ke atas, punya ponsel lebih dari satu itu sudah biasa. Punya ponsel dengan harga di atas 2 juta juga sudah biasa. Jadi, kalau mereka tahu ada gadget yang bisa membantu mempermudah ibadah dengan harga 2 juta-an, saya pikir kenapa tidak? 
So, buat orang yang dicukupkan Allah, ayo dong punya Syaamil Tabz biar ibadahnya tambah lancar. Saya doakan deh mudah-mudahan rezekinya tambah lancar juga o:)

12 komentar:

  1. Komplit pisaan ripyuna, teh Yas. Mudah2an teu ririwit, nya.
    Teu nolak lah saya ge mun dikasih gadget ieu mah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moal ririwit, asal nganggena we bari diusapan :D

      Hapus
  2. beruntungnya punya tab ini, komplet dan menambah ilmu, terutama pengetahuan agama.
    keluarga pasti senang bisa bertambah ilmu dari gadget keren ini.
    terima kasih atas infonya dan selamat ya atas kemenangan Mbak Yas. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang rejeki saya dan keluarga saja kali, Gan hehe... Senang udah pasti, mudah2an saja bisa kita pergunakan sebaik-baiknya. Terima kasih ya atas kunjungannya dan ucapan selamatnya. Salam kenal juga :)

      Hapus
  3. Nggak nyesel deh ikut kontes ini meski ga menang hehe.
    Reviewnya sukses bikin mupeng Maak :D
    Lengkap bingit ituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...jadi mupeng ya, Mak?
      Tapi memang layak dimupengin sih :)

      Hapus
  4. Review dari pengguna langsung, mantap deh. Jadi mupeng nih, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, alhamdulillah saya udah ngerasain manfaatnya Syaamil tab ini :)
      Makasih atas kunjungannya ya.

      Hapus
  5. Syaamil tidak salah memilih juaranya.
    Karena mbak Yas sudah merangkai kata dgn begitu indah, dan reviewnya bikin mupeeeeengggg.
    Moga2 dlm wkt dekat ada kontes berhadiah Syaamil Tabz lagi yak
    *eh*

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah membacanya sampai tuntas pun pembaca malah seneng dengan gaya ulasan di atas. Ini contoh bagi pengulas lainnya :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, terima kasih :)

    BalasHapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...