Senin, 21 Januari 2019

Museum Angkut, Salah Satu Wisata Kota Malang Paling Populer

foto dok. pribadi

Kota Malang merupakan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Lokasinya kurang lebih 90 km dari Kota Surabaya. Hawanya sejuk dan memiliki pemandangan indah. Tidak heran jika Kota Malang menjadi salah satu destinasi wisata alam, kuliner maupun petualangan yang menarik bagi warga Jawa Timur dan sekitarnya.

Tempat-tempat wisata tersebut tidak hanya berlokasi di Kota Malang tapi banyak menyebar juga di sekitarnya seperti Batu dan Bromo.

Ada satu tempat wisata kota Malang yang saat ini tengah digemari oleh para wisatawan lokal maupun asing yaitu Museum Angkut.

Museum yang didirikan pada 9 Maret 2014 ini merupakan museum alat-alat transportasi dari yang paling kuno hingga modern. Dari yang digerakan oleh mesin maupun hewan. Dari mulai kendaraan darat, udara, hingga laut. Pokoknya lengkap, keren dan mewah, tidak kalah dengan museum-museum transportasi di luar negeri.

Konon katanya 90% dari kendaraan-kendaraan di museum ini masih bisa dikemudikan. Jadi mesinnya tidak mati. Benar-benar terawat. Kendaraannya pun asli, bukan replika. Wow!

Museum Angkut ini letaknya di kawasan Wisata Batu, sekitar 20 km barat Kota Malang dan menempati area sekitar 3,7 hektar. Digarap dengan konsep unik, tidak hanya memberikan informasi tentang perkembangan dunia transportasi saja tapi juga bisa memberi pengalaman swafoto yang tak terlupakan.

Untuk itu maka dibuatlah tema dari zona kendaraan-kendaraan yang dipajang di museum tersebut.

Zona Museum Angkut

Ruang Utama


Dari pintu masuk kita akan disambut oleh hall utama ini yang berisikan berbagai macam alat transportasi mulai dari sepeda, mobil hingga pesawat terbang. Mobil-mobil ditata dengan rapi hingga menampilkan suasana elegan.

Zona Edukasi

foto dok. pribadi

Di Zona Edukasi, kita akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan alat transportasi dari masa ke masa. Disajikan dengan menarik sehingga sangat cocok apabila anak-anak ingin belajar tentang sejarah alat-alat transportasi.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia


Di zona ini kita seakan-akan berada di Pelabuhan Sunda Kelapa tempo dulu. Kita bsa melihat berbagai kendaraan dan alat-alat transportasi yang digunakan saat itu, khususnya di Batavia. Selain terdapat mobil-mobil kuno yang berjejer sepanjang toko-toko dengan ejaan Belanda, ada juga miniatur kapal yang sangat mirip dengan aslinya.

Zona Jepang


Zona Jepang menampilkan model dan perkembangan alat-alat transportasi pabrikan Jepang dari berbagai merk. 

Zona Uni Eropa

foto dok. pribadi

Zoan Uni Eropa diwakili oleh empat negara yaitu Inggris, Jerman, Italia dan Prancis. Di sana kita akan menemukan miniatur Istana Buckingham dan berbagai lanskap yang menggambarkan eropa. Salah satunya adalah Menara Eiffel. Kita juga bisa melihat mobil Land Rover yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth sekalian berfoto bersama patung Ratu Elizabeth.

Zona Hollywood

foto dok. pribadi

Zona ini ditandai dengan patung Hulk mengamuk yang terbuat dari onderdil bekas kendaraan mobil dan motor. Di sini kita akan melihat mobil yang unik-unik termasuk mobil yang pernah dipakai shooting film Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo.

Zona Gangster & Broadway

foto dok. pribadi

Zona ini merupakan replika kota gangster, Chicago di tahun 1920-an. Di sana dipajang mobil-mobil yang gangster banget dilengkapi dengan ikon-ikon gangster yang pernah terkenal pada zamannya.

Zona Las Vegas


Suasana Kota Las Vegas akan kita dapatkan di zona ini. Di mana sensasi glamour Las Vegas dengan kendaraan mewahnya berderet sepanjang jalan.

Pasar Apung


Nah, sekarang saatnya membeli cendera mata. Membeli cendera mata khas Malang dan Museum Angkut di museum ini dilakukan dengan cara yang unik yaitu kita bisa membelinya di zona Pasar Apung ini. Sambil perahuan, kita pun melakukan transaksi jual beli. Yee…asyik ya.

Berkeliling, sudah. Beli oleh-oleh juga, sudah.

Wah... benar-benar luas sekali museumnya. Kita harus benar-benar dalam kondisi fit untuk bisa mengitari semua area museum. Pokoknya dijamin puas deh. 

Alamat Museum Angkut, Harga Tiket dan Jam Buka

Bagi teman-teman yang berminat berkunjung ke sana, alamat Museum Angkut ada di Jalan Terusan Sultan Agung no.2 Kota Batu, Malang. Harga tiketnya kalau untuk weekday seharga Rp 70.000,-/orang sedangkan weekend Rp 100.000,-/orang. Ada tambahan biaya bagi yang membawa kamera professional yaitu Rp 30.000,-/kamera. Sedangkan jam buka museum dari jam 12.00 – 20.00.

Masih bingung cari tiket pesawat ke Malang? Jangan khawatir. Teman-teman bisa mendapatkan informasi harga tiket pesawat di Pegipegi.com. Fitur-fiturnya sangat memudahkan kita mengecek asal dan tujuan, jadwal keberangkatan, jenis pesawat, biaya hingga langsung melakukan pemesanan.







15 komentar:

  1. Zaman now konsumen memang paling doyan dengan hal-hal yang unik ya.
    Apalagi jika digarap secara profesional, lambat laun pasti akan terkenal, misalnya ya seperti museum angkut ini.

    Aku belum pernah coba pegi-pegi, tapi kayaknya layak dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mba. Konsep wisata pun mesti mateng. Kalau asal ntar gampang ditinggal orang.

      Hapus
  2. Musium angkut ya, mulai buka sampe sekarang belum pernah masuk, padahal sudah bolak balik lewat depannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa...kenapa? Padahal saya jauh-jauh aja pengen kesitu 😄

      Hapus
  3. museum angkut ini emang keren bgt ya, aku sendiri belum pernah kesana.. klo liat tmn2 yg ke museum angkut bikin mupeng deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan bisa segera berkunjung kesana ya, Mba 😊

      Hapus
  4. Seru kayaknya. Saya belum pernah ke sana. Hihi.. semoga kapan-kapan bisa mwngunjungi Malang.

    BalasHapus
  5. saya udah 2x kesini. Alhamdulillah dapet kesempatan kesini pas outbond diklat ke surabaya dan kunjungan dinas tahun lalu. puas banget foto2 disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa...kereen, udah 2 kali ke Museum Angkut 👍

      Hapus
  6. Asyik banget Museum Angkut ini. Aku pernah 1 kali ke sana ama tmn2 blogger
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik jalan-jalan sama teman-teman satu passion. Kapan ya aku pengen jalan bareng para blogger juga :)

      Hapus
  7. aku dua kali ke museum angkut.
    Pertama kepagian, museum belum buka, akhirnya makan-makan aja di pasar apung, nggak jadi masuk museum karena nunggunya kelamaan dan anak-anak udah rewel.
    Kedua, dipuas-puasin dari siang sampai malam. Nggak mau rugi pokoknya bayar mahal hehe...

    BalasHapus
  8. saya belum pernah ke sini, tapi si anak bolak-balik. Mau ngajaknya ke sini, jadi nggak suprise donk hehe

    BalasHapus
  9. Dari dulu pengen ke sana mbak. Karena anak saya penggila mobil. Tapi belum kesampaian juga sampai sekarang. padahal saya anak Malang loh. huhuhu.... ngiri sama foto-fotonya. Bikin jadwal buah ke sana segera ah. hehe...

    BalasHapus

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...