Minggu, 23 Juni 2019

5 Ciri-Ciri Susu Soya Terbaik

susu soya terbaik

Susu soya  memang memiliki kandungan gizi yang lengkap untuk memenuhi nutrisi tumbuh kembang anak dan cocok untuk diberikan kepada anak yang alergi susu sapi. Setiap ibu tentunya ingin memberikan susu soya terbaik bukan?

Pasalnya, susu soya terbaik akan memberikan dampak yang positif jika dikonsumsi anak Anda.  Di samping itu, pemiihan susu soya yang terbaik juga bisa menghindari anak Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Memilih Susu Soya Terbaik sebagai Pengganti  Susu Formula

Tidak semua susu soya kedelai memiliki kualitas yang sama-sama baik. Seharusnya, setiap orang tua yang harus memberikan susu soya kepada anaknya perlu mengenal ciri-ciri susu soya terbaik.


Berikut ini adalah ciri-ciri susu soya terbaik untuk anak alergi susu sapi:

1.       Tidak menghalangi penyerapan kalsium

Di dalam kedelai terdapat senyawa yang disebut phytate. Senyawa ini dapat menghalangi  penyerapan kalsium di dalam lambung anak-anak.Terlebih lagi anak- anak yang mengonsumsi ini adalah bayi.

Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan  apakah susu soya tersebut memiliki kandungan phytate atau tidak. Susu soya terbaik seharusnya tidak mengandung zat tersebut karena akan menghalangi penyerapan kalsium.

2.       Pilih susu soya dari kedelai utuh


Beberapa produk susu soya ada yang diolah tidak dari kedelai utuh. Ini mengartikan  bahwa sebagian asam amino dan lemaknya telah dipisahkan dari susu kedelai. Ini bertujuan untuk mengurangi serat pada susu soya yang mungkin dapat mengganggu pencernaan.

Oleh karena itu, pastikan bahwa susu kedelai yang anda pilih memiliki kandungan gizi dan asam lemak yang lengkap. Karena artinya ini susu soya yang anda pilih diolah dari kedelai utuh.

3.       Mengandung vitamin B12

Salah satu kekurangan dari kebanyakan susu kedelai atau susu soya dibandingkan dengan susu sapi adalah tidak adanya vitamin B12. Vitamin B12 merupakan vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh pada anak.

Susu soya terbaik seharusnya mengandung salah satu vitamin B kompleks yang memiliki peran penting ini. Pilihlah susu soya yang mengandung kobalamin (vitamin B12).

4.       Tidak menyebabkan alergi

Meski menjadi alternatif bagi anak yang memiliki alergi pada susu sapi. Pada kenyataannya susu soya dapat menyebabkan alergi. Gejala alergi yang bisa muncul  biasanya berupa rasa gatal pada bibir, lidah dan tenggorokan kemudian mual yang disertai diare.

Cara mengatasi ketika hal ini terjadi, Anda  harus berkonsultasi lebih lanjut ke dokter berjaga- jaga kemungkinan alergi yang bisa saja terjadi. Susu soya terbaik seharusnya tidak menyebabkan alergi.

5.       Mampu menambah berat badan anak

Salah satu ciri-ciri dari susu soya terbaik adalah bisa meningkatkan berat badan anak Anda. Susu soya yang berkualitas tentunya memiliki kandungan gizi yang baik dan mudah diserap bagi anak-anak.

Kandungan gizi dan kalori tersebut seharusnya bisa membuat berat badan anak Anda bertambah. Oleh karena itu, perhatikan berat badan anak setelah beberapa waktu ia diberikan susu soya pilihan Anda. Jika beratnya naik dan tumbuhnya sehat, maka susu soya tersebut merupakan susu soya terbaik.

Susu soya mungkin menjadi salah satu pilihan pengganti susu formula pada anak dengan alergi laktosa. Meskipun ada beberapa kelebihan susu sapi yang tidak bisa diganti oleh susu soya, tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan susu soya terbaik bagi anak Anda.

Foto by Pixabay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...